Teknik > Teknik Mobil >

Knowledge Seputar Aki

Membaca Kode Produksi Aki

  • Membaca Kode Produksi Aki

    Membaca kode produksi aki

Jakarta, OX. Gak ada salahnya sob, buat tambah-tambah ilmu, kita belajar lagi soal aki pada kendaraan. Bukan cuma buat modal gaul sesama otomania, tapi bisa juga jadi senjata saat peranti ini ngadat. Maksudnya, saat mau beli yang baru, sudah tau spesifikasi yang dibutuhkan. Berikut ini, dijelaskan cara baca kode-kode pada aki secara umum. Kita mulai dari kode produksi dulu.

Angka, hurup atau simbol pada aki, tentu bukan sekadar tanda, sob. Semua itu ada maknanya. Setiap produk punya kode-kode itu dan berbeda makna. Salah satunya angka-angka sebagai kode produksi. “Tiap produk dan merek, punya kode tersendiri, tergantung sistem dan kebijakan yang diterapkan,” jelas Eron Edwin, Regional Manager PT Wacana Prima Sentosa (WPS), pemegang merek aki Massiv di Indonesia.

Buat contoh, ada produk aki yang menggunakan penomoran 7 digit. Nah, 2 nomor pertama menyatakan kode hari, dua angka selanjutnya untuk tanda bulan produksi, lalu dua angka berikutnya adalah tahun produksi dan angka terakhir, kode negara produksi. Misal kode tanggal 2106049. Artinya aki diproduksi hari ke-21, di bulan ke-6, di tahun 2004, dan diproduksi di Indonesia.

Ada juga produk yang menggunakan kode produksi dengan 6 digit. Contoh tertulis pada kode produksi: 20B4B5. Tanggal produksi di dua nomor pertama. B berarti dibikin November (aki GS memberi kode untuk bulan Januari-September pakai angka 1 sampai 9. Untuk Oktober-Desember menggunakan kode A sampai C. Angka 4 berarti tahun produksi dan B5, waktu shift dan jalur produksi aki di pabrik.


 

Leave Comment

(Required)