Umum & Bisnis >

Posisi Riding

Riding Nyaman, Konsentrasi Tetap Terjaga

  • Riding Nyaman, Konsentrasi Tetap Terjaga

Jakarta, OX. Saat riding posisi duduk saat berkendara sangat mempengaruhi daya tahan serta kenyamanan, apalagi dalam melakukan perjalanan yang cukup jauh atau dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Beberapa hal yang sangat mempengaruhi posisi riding antara lain kondisi jock, jarak antara jock dengan setang serta tinggi rendahnya setang tersebut dimana setiap pabrikan pastinya telah memperhitungkan sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara,” ungkap Siswanto selaku Instruktur Safety riding PT. Wahana Makmur Sejati.

“Selain itu posisi tubuh saat riding juga mempengaruhi daya tahan, kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, mulai dari posisi tangan, bahu, pinggang serta kaki,” tambah Siswanto.

Adapun posisi tangan sebaiknya tidak tegang dan lurus, namun sedikit ditekuk agar dapat mengantisipasi saat berbelok dengan mudah dan tanganpun tidak cepat lelah, kemudian diikuti dengan posisi bahu yang rileks.

Masih dengan Siswanto, posisikan badan untuk duduk di jok yang telah disiapkan jangan terlalu maju atau terlalu kebelakang karena hal ini akan mempengaruhi tegak dan bungkuknya postur tubuh saat berkendaraa.

Sedangkan posisi kaki terutapa lutut, pastikan berada didalam garis terluar dari body kiri dan kanan sepeda motor, hal ini untuk mengantisipasi agar tidak bersenggolan dengan kendaraan lain apalagi saat kondisi jalanan yang padat, salah satu cara agar posisi lutut tidak keluar dari garis body kendaraan dengan meletakan telapak kaki pada tatakan yang disediakan dan sejajar dengan badan.

“Jika berkendara dengan posisi yang sempurna dan nyaman, selama berkendara badan-pun akan rileks dan tidak mudah lelah sehingga konsentrasi akan selalu terjaga dengan baik”, tutup Siswanto.

 

 

 

Leave Comment

(Required)