Umum & Bisnis >

Lindungi Kepala Dengan Maksimal

Pilih Helm

  • Pilih Helm

Jakarta, OX. Berbagai pilihan pelindung kepala atau helm yang ada di pasaran after market, mulai dari berbagai pilihan harga, model dan bentuknya. Namun bagaimana memilih helm yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada kepala kita jika terjadi sesuatu saat berkendara?

“Salah satu pertimbangan yang paling penting dalam memilih helm adalah kenyamanan saat digunakan. Pastikan ukuran pas saat digunakan jangan sampai kelonggaran karena helm tidak akan berfungsi dengan baik jika terjadi kecelakaan. Namun, jangan terlalu sempit karena akan sangat tidak nyaman saat digunakan,” jelas Agus Sani selaku Head of  Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati.

“Meskipun ada helm full face dan half face, namun dalam pemilihannya tentu kembali pada kenyamanan dalam berkendara, meskipun kedua jenis helm ini ada sisi positif dan negatifnya,” tambah Agus.

Dari kemampuan melindungi, tentunya helm full face dapat memberikan perlindungan lebih karena helm ini melindungi kepala hingga bagian dagu. Namun, pandangan sedikit lebih sempit dari pada helm half face.

Sedangkan helm half face, radius pandangan memang lebih luas. Meski tidak melindungi kepala secara keseluruhan, akan tetapi helm ini sudah cukup memenuhi standar keselamatan dalam berkendara sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Adapun beberapa hal lain yang harus diperhatikan adalah kaca helm, dimana kondisi cuaca yang cukup panas membuat cahaya yang dipantulkan berbagai objek di jalanan menyilaukan mata. Untuk itu, bisa menggunakan helm dengan kaca yang mempunyai UV protection.

Yang tidak kalah pentingnya adalah tali pengaman, dimana tali pengaman dilengkapi dengan dua jenis pengancing di antaranya D ring dan sistem kancing, “Kedua jenis pengunci ini sama-sama dapat bekerja sesuai dengan fungsinya dan jika masih ragu dapat melakukan dengan penetesan dengan cara menghentakkan tali helm tersebut, jika putus atau terlepas sebaiknya segera ganti dengan lainnya,” tutup Agus.

Leave Comment

(Required)