Umum & Bisnis >

Safety Riding

Riding Nyaman Dan Aman Sampai Tujuan

  • Riding Nyaman Dan Aman Sampai Tujuan

Jakarta, OX. Yang paling utama dalam riding adalah bagaimana selamat sampai tujuan tanpa kekurangan sesuatu apapun. Banyak faktor yang harus kita perhatikan agar selama berkendara selalu aman dan nyaman, baik bagi kita sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

“Ada beberapa hal yang menjadi faktor dari safety riding dalam berkendara di keseharian, di antaranya persiapan sebelum berkendara, penguasaan berkendara serta cara berkendara di jalan raya,” ungkap Siswanto selaku instruktur safety riding PT. Wahana Makmur Sejati.

Persiapan sebelum berkendara merupakan sebuah hal yang sering dilupakan oleh rider, dimana sebaiknya sebelum berkendara siapkan dulu perlengkapan mulai dari helm, jaket, sarung tangan serta sepatu dan body protector.

Setelah itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan  yang akan dikendarai, mulai dari sistem pengereman apakah masih bekerja dengan baik, lampu sein, klason serta kondisi ban.

Setelah semuanya diyakini siap, maka dalam berkendara ada tujuh hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah pandangan mata yang harus selalu folus terhadap kondisi sekitar, pundak yang harus rileks sehingga dalam berkendara tidak cepat lelah.

Setelah itu adalah posisi siku dengan postur sedikit ditekuk agar tidak kaku dalam menghadapi kondisi jalanan. Posisi jari juga tidak disarankan untuk selaalu berada di tuas rem dan lebih baik untuk melakukan pengereman dengan menggunakan empat jari.

Kemudian, posisi pinggul ditempatkan pada posisi tengah jok sepeda motor agar dapat mengatur keseimbangan dengan baik. Bagian lutut hendaklah berada dalam garis body kendaraan agar tidak bersenggolan dengan pengendara lain terutama saat melewati kemacetan. Lalu yang terakhir, posisi kaki yang lurus sesuai dengan tatakan yang tersedia pada sepeda motor.

“Yang paling penting selama di perjalanan adalah mematuhi peraturan, rambu lalu lintas serta menjaga kecepatan kendaraan, dimana semua poin ini merupakan satu kesatuan agar berkendara aman dan nyaman selamat sampai tujuan,” tutup Siswanto.

Leave Comment

(Required)